Friday, January 8, 2016

Resensi Sukses Investasi Masa Depan Dengan Bertanam Pohon Aren

MEMBUDIDAYAKAN POHON AREN
Oleh Mochammad Khatami

Judul buku                  : Sukses Investasi Masa Depan Dengan Bertanam Pohon Aren
Penulis                         : Nugraheni Widyawati
Editor                          : Benedicta Rini .W
Penerbit                       : Andi Offset
Tebal                            : VI + 106 halaman
ISBN                           : 978 – 979 – 29 – 3233 – 1

            Bumi Nusantara ini kaya dengan aneka flora yang bisa menjadi sandaran mata pencaharian bagi sebagian masyarakat, sehingga befungsi secara keilmuan,kesehatan,maupun estetika, salah satu kekayaan flora Nusantara yang termasuk eksotisnadalah keberadaan species palem. Aren merupakan salah satu jenis palem yang tumbuh di bumi Nusantara, dari aspek kegunaan, pohonaren termasuk multifungsi lantaran seluruh bagian tanamannya dapat dimanfaatkan, meskipun manfaat pohon aren cukup banyak, namun sebagian besar masyarakat belum bisa memaksimalkan berbudidaya secara baik. Pentingnya membudidayakan pohon aren yang telah dikenal kegunaannya oleh masyarakat Indonesia, mengingat eksploitasinya melebihi kemampuan pohon aren untuk berkembang biak secara alami.
            Sumber daya alam yang bisa menjadi modal dalam pengembanan populasi salah satunya pohon aren, kemampuan dan motivasi yang timbul dari masyarakat pengguna bahan baku berbasis aren, sebenarnya merupakan modal dasar yang sangat kuat dalam mewujukan pengembangan populasi aren melalui teknik budidaya yang berkelanjutan. Sejauh ini, kemampuan sudah ada tetapi masih bersifat sporadis dan belum terkoordinasi dengan baik dan perlu campur tangan dari berbagai pihak yang mampu memanfaatkan sumber daya alam untuk pengembangan populasi aren.
            Buku ini ditulis oleh Dr. Ir. Nugraheni widyawati, MP. Lahir di Purworejo, 5 Januari 1959, sejak 1986 mengabdikan diri sebagai seorang dosen di fakultas Pertanian Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Tertarik dengan tanaman aren sejak 2000 ketika melakukan pengabdian masyarakat di Semarang, khususnya di beberapa desa sentra produksi gula aren. Beberapa kali melakukan penelitian tentang pembibitan aren dan melakukan pendampingan pembibitan aren  di kabupaten Semarang. Pemahaman tentang perbenihan aren dan pembibitannya diperdalam melalui kesempatan studi S3, dengan topik disertai kajian fisiologis dan biokemis tingkat kemasan buah dan biji dalam rangka pembenihan aren.
            Buku ini banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan buku lain yakni, sampul buku yang menarik dan dilengkapi gambar bagian – bagian dari pohon aren dan bewarna, sehingga dapat menarik perhatian untuk dibaca. Selain itu, buku ini mampu memberikan informasi tentang tata cara bertanam pohon aren dengan baik dan benar.
            Selain memiliki beberapa keunggulan, didalam buku ini juga terdapat beberapa kekurangan yang nampaknya sedikit mengurangi nilai tambah dari buku ini yakni, kualitas kertas buku yang digunakan juga kurang bagus sehingga mudah cacat atau robek, serta adanya gambar ilustrasi yang sedikit membingungkan dan sulit dipahami.
Lingkungan hidup atau kekayaan memang bersifat dinamis, sangat mudah berubah baik secara alami maupun oleh perbuatan tangan manusia. Masih banyak hal yang belum terungkap dalam peranan pohon aren yang dapat mendatangkan keberkahan bagi masyarakat. Buku ini hanya salah satu cara untuk membantu pemahaman tentang pohon aren yang multifungsi, berdasarkan beberapa hasil penelitian dan studi pustaka maupun studi lapangan. Kekayaan perspektif dan bidang kajiannya yang memperluas pemahaman tentang aspek sumber daya alam, yang dibuat penulisnya melalui cara bertanam aren.

0 comments:

Post a Comment